Kamu termasuk Sanguinis, Koleris, Melankolis, atau Plegmatis?

Tipe Kepribadian Manusia

Dari pengalaman belajar bersama Bapak Rizza Sunardi sebagai Corporate Senior General Manager Human Resources General Affair and Learning Development MGM Horison Hotel Group pada saat pembelajaran kelas online dengan tema karakter Tamu Hotel saya belajar tentang kepribadian manusia. Setiap manusia pasti dilahirkan dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda, ya. Bahkan dua orang kembar identik sekali pun biasanya memiliki sifat yang cenderung berbeda satu sama lain. Karakter yang ada pada dirimu hari ini adalah hasil dari perpaduan banyak hal mulai dari faktor genetik, perkembangan pola pikir serta kebiasaanmu dalam menanggapi rangsangan dari lingkungan sekitar.  dan kamu melihat dirimu sebagai orang yang ekstrovert atau introvert atau bahkan ambivert? Ternyata, selain membedakan karaktermu ke dalam 2 atau 3 tipe itu, ada tipe kepribadian lain yang harus kamu tahu. Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya. Dengan memahami kepribadian seseorang berarti kita telah menyingkat waktu untuk berusaha mengerti dan memahami orang lain, karena kita dapat memahami seseorang lebih mudah dengan memperhatikan kepribadiannya. Kepribadian ini terdiri atas sanguinis (aktif dan optimis), koleris (pemarah dan sensitif), melankolis (bijak dan tenang), dan plegmatis (damai dan santai). 

1. Sanguinis yang Heboh dan Tampak Periang

PERSONALITY PLUS: SANGUINIS


Ciri-ciri sanguinis adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidup. Selalu tampak ceria, hangat, bersahabat, dan sangat menikmati hidup. Hal ini disebabkan karena orang sanguinis memiliki sifat yang mudah menerima sehingga kesan-kesan dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam hati. Seorang sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat mengambil keputusan. Orang sanguin sangat menyukai ‘kesenangan’, dan jarang sekali membiarkan hatinya bersedih berlama-lama. Ciri-ciri sanguin lainnya, yaitu termasuk tipe orang yang sangat suka bicara, dengan mudah mereka dapat menularkan perasaan ‘semangat’ kepada orang lain melalui perkataan. Gaya yang gaduh, bersuara keras, dan ramah membuat orang sanguinis tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya.

2. Koleris Si Pengatur yang Suka Mempimpin


Ciri-ciri orang koleris adalah memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu. Seorang koleris adalah pribadi yang aktif, praktis, cekatan, mandiri, dan sangat independen. Mereka cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Salah satu tipe yang sangat menyukai aktivitas, sehingga tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya, tetapi justru merangsang lingkungan melalui ide-ide yang tidak pernah berakhir, rancangan, sasaran, dan ambisi. Pribadi koleris bukan tipe orang yang mudah menyerah terhadap tekanan dari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorong mereka untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang koleris ialah emosinya. Tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Bukan orang yang dengan mudah mengekspresikan perasaan kepada oranglain. Dan cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Pribadi koleris cenderung dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. 

3. Melankolis Sang Analis Nan Perasa
tatapan-melankolis

Orang melankolis memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban. Perasaan sangat berpengaruh pada pribadi melankolis cenderung introvert, tapi apabila ia sedang berada dalam puncak sukacitanya, bisa saja menjadi lebih ekstrovert. Pribadi yang sangatperfeksionis cenderung membuat mereka sering menyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri, padahal mereka memiliki daya analitik yang hebat yang mampu memperhitungkan secara akurat bahaya dan halangan dalam setiap proyek. Pribadi melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali memilih sesuatu maka mereka akan tetap setia mengerjakannya.

4. Karena Sabar itu Pastilah Milik Si Plegmatis
phlegmatis

Orang phlegmatis memiliki sifat alamiah pendamai dan menghidari kekerasan. Orang phlegmatis adalah orang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. Tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya, tetapi mereka sendiri sendiri tidak tertawa. Pribadi phlegmatis adalah pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkungan. Inilah yang membuat mereka hampir-hampir tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadi yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya mereka memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu. Karena menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, orang phlegmatis cenderung menarik diri dari segalamacam keterlibatan.
(Sumber : PsikologID(/test-karakter-dan-sifat-kamu-yuk/)


How about that guys??
Which of the "Four Temperaments" Do you belong in ?
Karakter terbentuk dari pendidikan 
Pendidikan berawal dari kebiasaan 
Kebiasaan ditanamkan dari latihan 
Latihan yang bertahap secara konsisten 
Latihan yang bermula dari yang mudah dan menyenangkan tapi juga bisa memkasa diri . 
- Sarmina Tampubolon



Komentar

  1. What kind of prsonality you have is ok but that needs you remember is that you are still looking a better you, you are constantly looking for ways to improve yourself. We all have a faer .fear will keep you in the same way you are now. You'll be able to grow and move foward, if you face them, let them go. If you have a fear relating to something, It means that you have yet to address It and grow from it. He he he

    BalasHapus

Posting Komentar